Teknologi New Media dan Internet

Assalamu’alaikum..
Terimakasih sudah mampir.
Kali ini kita akan membahas tentang Teknologi New Media dan Internet.
Selamat Membaca >.<

A.      Pengertian dan Definisi New Media
Secara bahasa, new media terdiri dari 2 kata yaitu new dan media. New memiliki arti baru dan media yang berarti perantara. New media merupakan sarana perantara yang baru, baik baru dalam waktu, manfaat, produksi, atau pendistribusian. Secara istilah, new media dapat diartikan sebagai kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi pada akhir abad ke-20.
New media adalah media dalam konteks teknologi, informasi dan komunikasi yang sedang berkembang saat ini. New media dapat dijadikan perantara antara manusia dengan perangkat digital maupun manusia dengan manusia. Pengguna dapat lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial. New media itu sendiri diartikan sebagai media sosial yang dapat mepermudah pengguna untuk mendapatkan suatu informasi maupun untuk memberikan suatu informasi.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital. Seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
New Media menurut para ahli adalah sebagai berikut:
a)   Everett M. Rogers (Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Yaitu:
Era komunikasi tulisan
Era komunikasi cetak
Era telekomunikasi
Era komunikasi interaktif
Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
b) Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
c) McQuail mendefinisikan media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

B.       Pandangan New Media
New media adalah perkembangan baru dari media yang telah ada. Namun dalam perkembangan new media memiliki dampak positif dan negatif. Contoh dampah negatif dari perkembangan new media adalah banyak penyalahgunaan media sosial yang digunakan sebagai sarana pencemaran nama baik, dan kekerasan yang banyak dipertontonkan serta memberikan efek ketagihan dan ketergantungan bagi penggunanya.
Berikut adalah pandangan masyarakat terhadap perkembangan new media pada masa kini:
a)      Sebuah gagasan atau ide dengan maksud positif. Banyak hal positif dan efisiensi yang sangat menarik dalam beberapa aspek, baik media sosial atau alat elektronika. Misalnya: surat elektronik yang mempermudah, mempercepat cepat dan lebih efektif.
b)      Luasnya jejaring sosial yang bisa menghubungkan semua user di seluruh dunia bisa berkomunikasi dengan mudah.
c)      Kemajuan teknologi new media terkadang membuat seseorang terasingkan dari lingkungan sekitarnya dan lebih fokus pada new media di dunia nyata.

C.      Manfaat New Media
New media sebagai teknologi terbaru memiliki manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Manfaat new media adalah sebagai berikut:
1.      Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
2.      Sebagai Media transaksi jual beli. Contohnya adalah situs jual beli online.
3.      Sebagai media hiburan. Contohnya game online, jejaring social, streaming video.
4.      Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
5.      Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mempermudah proses belajar.
D.      Komponen New Media
New media sebagai perkembangan dari dunia terknologi dan informasi memiliki beberapa komponen pendukung. New media memiliki tiga komponen inti yaitu, handphone, komputer dan internet. Handphone atau Smart Phone dan komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena Smart Phone dan komputer merupakan sarana atau alat yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs dan terhubung dengan internet. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar maupun dengan manusia dibelahan dunia lainnya. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan internet dan juga komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

E.       Aplikasi New Media
New media memiliki berbagai macam aplikasi yang merupakan suatu bentuk dari teknologi informasi. Beberapa contoh aplikasi new media, yaitu:
1)      Jejaring Sosial
Jejaring sosial merupakan suatu jenis aplikasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan merupakan suatu aplikasi new media. Contoh dari aplikasi jejaring sosial adalah Facebook, Twitter, Yahoo Messanger, Skype, dan lain-lain. Dengan biaya yang murah, cepat dan mudah, jejaring sosial menjadi pilihan banyak orang untuk tetap berkomunikasi dengan orang lain dimanapun dia berada. Jejaring sosial juga memungkinkan kita menggunakan beberapa fitur seperti update status, upload photo, video call, dan lain-lain.
2)      Online Shop
Online shop merupakan bentuk aplikasi new media yang memungkinkan kita melakukan transaksi jual beli tanpa perlu bersusah payah pergi ke tempat si penjual. Kini produk-produk dengan mudah dipasarkan melalui online shop. Online shop dapat melalui jejaring sosial maupun website yang memang secara khusus digunakan sebagai sarana jual beli, misalnya Kaskua, OLX, dan lain-lain.
3)      Informasi dan Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi internet yang mengembangkan new media, yaitu:
a)      Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
b)      CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran atau majalah.
c)  Youtube, Dailymotion, Metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
d)     Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
e)      BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).

Sumber:


Komentar

Postingan Populer